IBX5A75EE39CE59E

ASUS ZenBook UX410UQ, Laptop Andalan Creator Masa Kini



Halo guys. Setelah setahun lebih blog ini vakum dan tidak terisi konten menarik dari saya, kali ini kita akan mereview salah satu laptop dari brand favorit saya yaitu ASUS. Setelah sukses dengan varian ZenBook pertamanya, kali ini ASUS kembali meluncurkan varian ZenBook terbaru yaitu ASUS ZenBook UX410UQ. ASUS ZenBook UX410UQ ini dibanderol sekitar 16 jutaan guys. Sedikit cerita, ASUS memang terkenal dengan varian gadget dengan spek yang mumpuni dan peforma yang mantap dengan harga yang terjangkau. Selama kurang lebih 5 tahun saya telah menggunakan laptop dan smartphone ASUS sampai saat ini dan pefornanya memang memuaskan. Oke langsung saja kita ulas fitur-fitur dari ASUS ZenBook UX410UQ ini.


   
Processor
Intel® Core™ i7 7500U Processor (4M Cache, up to 3.50GHz)
RAM
8GB DDR4 2133MHz SDRAM + 1 x SO-DIMM socket, up to 16GB RAM
Sistem Operasi
Windows 10 Home
Storage
1TB 5400RPM SATA HDD + 128GB SATA3 M.2 SSD
Display
14” FHD (1920x1080) IPS 178˚ (wide-viewing angle display) Anti-Glare with 72% NTSC
GPU
NVIDIA GeForce 940MX, with 2GB GDDR3 VRAM
Interface
1 x COMBO audio jack
1 x USB 3.1 Type C port(s)
1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
Card Reader
Multi-format card reader (SD/SDHC)
Keyboard
Chiclet keyboard
Optional Illuminated Chiclet Keyboard is available
Camera
HD Web Camera
Jaringan
802.11ac+Bluetooth 4.1
Audio
Support Windows 10 Cortana, ASUS SonicMaster Technology
Baterai
3 Cells 48 Whrs Battery
Adaptor Daya
Plug Type :ø4 (mm)
Output :
19 V DC, A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi
323 x 223 x 18.95 cm (WxDxH)
Berat
1.45Kg with Battery
Warna
Rose Gold, Quartz Grey
Aksesoris
Sleeve + USB3.0 to RJ45 cable + HDMI to VGA cable
Sekuritas
BIOS Booting User Password Protection
Security lock
Harga
Rp15.799.000





ASUS ZenBook UX410UQ memiliki material alumunium solid serta finishing spun-metal unik bermotif lingkaran spiral yang terinspirasi oleh Zen dan memiliki ketipisan tidak kurang dari 18.95mm guys. Laptop ini memiliki berat hanya 1,4 kg saja, sehingga memudahkan untuk dibawa kemana saja. Selain itu, ASUS ZenBook UX410UQ memiliki 2 varian warna yaitu Quartz Grey dan Rose Gold. Mau kerja, sekolah, atau hangout, laptop ini pasti jadi daya tarik semua orang guys.





ASUS ZenBook UX410UQ 
memiliki ukuran 14 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixel atau Full HD. Keunggulan yang dimiliki laptop ini yaitu bezel nya yang sangat tipis, sekitar 6 mm disamping kiri-kanan laptop. Bezel yang sangat tipis ini sangat berguna untuk keperluan multimedia maupun editing yang membutuhkan layar yang besar guys. Laptop ini memiliki kerapatan pixel sebesar 276 per inci yang membuat semua detail terkecil setajam jarum dan sebening Kristal, Wow. Selain itu, dukungan grafis NVIDIA GeForce 940MX 2GB juga sudah mumpuni untuk menjalankan game-game terbaru maupun proses editing dan rendering video. Dijamin deh proses editing bakal berjalan dengan lancar dan main game pun tidak akan nge-lag.





ASUS ZenBook UX410UQ telah dibekali Windows 10 Home Edition dan Intel Core i7-7500U 2.7 GHz. Processor yang sudah Kabylake alias Generasi ke 7 dari Intel ini juga didukung RAM 8GB DDR4 213 MHz yang bisa diupgrade hingga 16GB. Selain itu, kapasitas harddisk laptop ini adalah 1TB ditambah SSD 128GB. Penambahan SSD ini juga dapat memaksimalkan kinerja laptop terutama proses rendering sehingga sangat membantu kinerja para creator dalam menjalankan tugasnya. Laptop ini juga mempunyai baterai Lithium-Polymer dengan daya tahan 48 Jam. Fitur hebat lain seperti Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth® 4.1, serta USB Tipe C dapat memberikan konektifitas extra pada gadget-gadget anda. Sangat lengkap dan canggih tentunya guys..




ASUS ZenBook UX410UQ memberikan fitur display dengan range gamut yang sangat luas – lebar dengan 72% NTSC atau dapat menampilkan lebih banyak warna, warna yang lebih akurat dan warna yang lebih hidup daripada tampilan standar. Layar laptop ini memiliki 100% sRGB dan 178° Wide Viewing Angle. Fitur lain seperti ASUS Splendid dan ASUS Eye Care tidak lupa ditambahkan di laptop ini. ASUS Splendid merupakan salah satu fitur ASUS untuk mengatur layar dalam beberapa mode dengan sekali klik yaitu Normal Mode, Eye-Care Mode, Vivid Mode, dan Mode Manual. 

Perbedaan mode ASUS Splendid

Normal Mode memberikan pengaturan warna yang sudah dioptimalkan oleh pabrik, Eye-Care Mode mengurangi tingkat cahaya biru untuk penglihatan yang lebih nyaman, dan Vivid Mode mengatur keadaan layar agar memberikan gambar yang benar-benar tampil hidup dan nyata, tanpa membuat warnanya terlihat seperti dibuat-buat. Mode Manual memberikan kontrol terhadap pengaturan temperatur warna, jadi pengguna bisa mengatur layar sesuai kebutuhannya. Memang benar-benar hebat guys..




ASUS ZenBook UX410UQ memiliki berbagai macam port seperti port Charging, 1 port USB 3.0, 1 port HDMI, 1 port USB Type C, dan Jack Audio 3,5 mm di sebelah kiri laptop. Sedangkan di sebelah kanan terdapat 2 port USB 2.0, SD Card Slot, dan LED Notifikasi. Laptop ini juga disediakan Adapter HDMI to VGA apabila kita membutuhkannya untuk memasang LCD Proyektor. Selain itu, laptop ini dibekali Wi-Fi 802.11ac terbaru yang kecepatannya 2,8 kali lebih cepat dari 802.11 b/g/n. Bluetooth® 4.1 yang disediakan juga dapat menghubungkan laptop ini ke berbagai gadget tanpa banyak mengurangi konsumsi daya baterai. Walau laptop ini benar-benar tipis dan ringan, laptop ini tidak mengkorbankan banyak port yang ada guys..




Keyboard ASUS ZenBook UX410UQ memiliki fitur backlit dan jarak tombol sebesar 1.6mm memberikan kenyamanan ketika mengetik apalagi ketika berada di kondisi yang kurang cahaya. Fitur backlit ini memiliki warna putih yang ergonomis dan bisa diatur langsung melalui keyboard. Selain itu, fitur touchpad yang dilapisi kaca menambah kecantikan laptop ini. Touchpad ASUS ZenBook UX410UQ memiliki sensor sidik jari yang memudahkan login dengan cepat serta memiliki akurasi dan sensitiftas yang tinggi. Dijamin bakalan nyaman guys..






Fitur hebat ASUS ZenBook UX410UQ yang terakhir yaitu Speaker Harman Kardon plus teknologi ASUS SonicMaster. Sound ASUS ZenBook UX410UQ ini hasil pengembangan tim ASUS Golden Ear, Harman Kardon, dan teknologi ASUS SonicMaster yang menggabungkan kemampuan hardware superior dan software yang dedesain secara luar biasa akan memberikan pengalaman suara yang hebat dan mantap guys. 




Setelah mengulas fitur-fitur laptop ASUS ZenBook UX410UQ saatnya kita membahas keunggulan dan kelemahannya guys. Walaupun saya sendiri belum pernah mencoba laptop ini, namun jika dilihat dari spesifikasi maupun review video dari beberapa Youtuber, beberapa keunggulan dan kelemahan laptop ini bisa saya tarik kesimpulan guys :


      Keunggulan :
  1. Bentuk laptop tipis dan bezel nya yang tipis menjadi daya tarik tersendiri
  2. Port yang masih lengkap walau laptop ini tergolong tipis
  3. Layar yang jernih dan dibekali beberapa mode ASUS Splendid
  4. Desain yang futuristik dan build quality yang solid
      Kelemahan :
  1. Harga yang tergolong mahal
  2. Tidak adanya CD Driver dan VGA Port. VGA Port dapat digunakan dengan adapter bawaan
  3. GPU yang belum GTX series. Sebenarnya bukan masalah menggunakan GeForce 940MX namun kebanyakan laptop saat ini di range harga 15 jutaan sudah memakai NVIDIA GTX series.
  4. Tombol power yang diletakkan disamping tombol Delete sangat rawan untuk kepencet sehingga harus hati-hati dan jeli saat menggunakannya

Sekian itu saja review ASUS ZenBook UX410UQ dari saya. Terimakasih banyak kepada Bayu Skak dan ASUS Indonesia yang telah mengadakan giveaway ini. Semoga saya bisa menjadi pemenang di kategori blog ini hehehe...



Newest
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
resa
admin
7 July 2018 at 15:12 × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar